greeneryland

ordinary people

Minggu, 07 Maret 2010

Blog Untuk 'Jual Diri', Berkembang 2 Tahun Terakhir


Ririn Dumin salah satu remaja yang memanfaatkan media internet untuk mencari popularitas

JAKARTA - Saat ini media blog tidak hanya dimanfaatkan untuk menuangkan ide dan pikiran seorang blogger dalam sebuah tulisan, namun sudah lebih dari itu. Bahkan untuk sekedar mencari popularitas di dunia maya, blog dianggap sebagai lahan yang ampuh untuk menfasilitasi hal tersebut.

Dijelaskan pengamat blog dan internet Enda Nasution, mencari popularitas di kalangan remaja sudah terjadi sejak tahun 1950an. Kala itu radio menjadi primadona bagi remaja saat itu untuk bisa meraih ketenaran. Akan tetapi, Enda menambahkan, seiring berjalannya waktu, semakin beragam tools (alat) yang dipakai untuk mencapai popularitas dengan jalan pintas, termasuk blog, Facebook, Twitter dan YouTube.

"Sebetulnya blog dijadikan media untuk mempromosikan diri sendiri sudah dikenal sejak dua tahun lalu. Namun, belum sebanyak sekarang, karena memang saat itu pengguna blog belum banyak juga. Beda dengan sekarang, dimana internet sudah menyentuh hampir sebagian masyarakat kita," terang Enda, saat berbincang dengan okezone, di Jakarta, Senin (8/3/2010).

Ditambahkan olehnya, sebetulnya media sosial di dunia maya telah mewadahi orang untuk memamerkan kemampuannya, salah satunya yang khusus adalah MySpace. Tetapi MySpace tidak bisa sebesar blog ataupun YouTube.

"Dulu kita mengenal MySpace yang biasanya digunakan menjadi ajang promosi bagi anak band. Tapi sayang, kurang begitu mendapat sambutan yang bagus," tandas Bapak Blogger Indonesia ini.

Cara yang dilakukan seperti Ririn di dalam blognya di rindumenujubintang.blogspot.com, menurut Enda, ada dampak positif namun bisa juga berdampak negatif. Bisa menjadi hal yang positif jika memang yang tujuan yang dicapainya menjadi artis bisa tercapai.

"Namun, akan menjadi negatif ketika para remaja tersebut menggunakan cara-cara yang instan dan tanpa pikir panjang agar bisa meraih popularitas. Karena ya itu tadi, remaja Indonesia kita adalah pemuja popularitas," tukasnya. (tyo)


SUMBER : WWW.OKEZONE.COM

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda